Kamis, 23 Maret 2017

Kenakalan Remaja

Dunia seakan dikuasai remaja. Mereka muncul di berbagai media karena hal-hal yang mereka lakukan. Contoh-contoh yang luar biasa adalah mereka yang berhasil meraih prestasi atau melakukan sesuatu yang baik. Sayangnya, banyak remaja yang dibincangkan karena kenakalan mereka. Contoh yang sering dibahas adalah mereka yang memakai narkoba, tawuran, berpacaran secara berlebihan atau dengan cara yang salah, dan merokok. 





Tidak hanya satu-dua remaja yang bersikap seperti ini. Remaja nakal jumlahnya banyak sekali, baik yang suduh tererkam media maupun yang belum. Terkadang mereka merasa bahwa mereka seharusnya bebas melakukan apapun yang mereka suka tanpa memikirkan konsekuensinya. Jika ditanya, banyak dari mereka yang merasa bahwa perbuatan mereka tidak salah dan seharusnya orang lain tidak menghentikan mereka dari apa yang mereka suka.

Dengan pola pikir seperti itu, tentu mereka bisa memberi pengaruh buruk orang-orang di sekitarnya, seperti teman-temannya, keluarganya, bahkan orang-orang lain di sekitar mereka. Orang-orang lain akan terpicu dan bisa jadi mereka ikut-ikutan. Bila tidak seperti itu, kenakalan itu bisa melukai orang-orang lain. Mereka yang tidak ikut-ikutan bisa saja menjadi korban. Di bawah ini ada satu video yang berisi berita tentang kematian sesorang akibat tawuran. Video kedua berisi berita lain tentang narkoba.






Dari berita-berita itu, kita semua bisa menyimpulkan bahwa kenakalan remaja tidak membawa hal-hal yang positif. Malah sebaliknya, kenakalan itu selalu berakhir buruk. Maka dari itu, sebaiknya kita semua menghindari tindakan-tindakan nakal seperti itu. 

Berikut ini adalah cara-cara menghindari kenakalan remaja:
1. Patuhilah peraturan di manapun, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat. Ini akan melatih kedisiplinan dan menumbuhkan kesadaran bahwa yang dilakukan beberapa remaja tidak keren tetapi nakal.
2. Hindarilah lingkungan atau pengaruh yang menggoda remaja untuk melakukan kenakalan.
3. Bergaul dengan orang-orang yang mendukung untuk melakukan hal-hal yang positif, bukan sebaliknya.
4. Berkatalah "tidak" kepada tawaran-tawaran yang menyebabkan kenakalan dalam bentuk apapun, dari rokok sampai uang. Meskipun mereka yang mengajak dekat dengan kalian, jangan ikut melakukan hal-hal yang negatif!
5. Bicaralah kepada orang dewasa bila kalian sudah terpengaruh atau sudah melakukan kenakalan seperti yang telah dicontohkan di atas. Tanyalah pada mereka cara agar kalian berhenti melakukan hal-hal seperti itu.

Setelah mengetahui dampak kenakalan remaja, kalian jangan melakukan hal-hal seperti ini ya! Jadilah penerus bangsa yang membanggakan dan teruslah berbuat baik! 

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe

Flickr